News

Serba Serbi Virus Corona, Mulai dari Asal Muasal, Gejala, dan Pencegahannya

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) telah menjadikan virus corona sebagai pandemik. Dilihat dari total kasusnya yang sudah mencapai puluhan ribu, tentu virus corona bukanlah penyakit sepele. Itulah sebabnya, kita semua harus waspada terhadapnya.

Apa itu virus corona?

Sebenarnya, virus corona adalah penyebab umum gangguan pernapasan, seperti pilek dan infeksi saluran pernapasan.

Virus corona sendiri terdiri dari berbagai jenis; SARS-cov (severe acute respiratory syndrome) dan MERS-cov (Middle-east respiratory syndrome). Dulu, dua penyakit ini mengakibatkan ketakutan di dunia. Kini, SARS dan MERS seakan "bersatu" menjadi virus corona yang siap menyerang kembali.

Virus ini bersifat zoonosis, yang berarti penyakit ini diderita oleh binatang, kemudian ditularkan kepada manusia.

Tidak hanya itu, kini virus corona bisa tertular antar manusia. Ini menjadi satu dari banyaknya alasan negara-negara di dunia memutuskan untuk melakukan lockdown.

Apa saja gejala virus corona?

Seperti yang sudah diketahui, gejala virus corona dan flu biasa hampir sama. Namun tetap saja, ada ciri khas yang membedakan keduanya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala virus corona, supaya tak terkecoh dengan gejala flu biasa.

Gejala virus corona bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Pada umumnya, gejala virus corona muncul setelah 4-10 hari sang pasien terpapar dengan virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok itu. Berikut ini adalah gejala utama virus corona:

·         Demam tinggi

·         Batuk kering

·         Merasa lemas

·         Sesak napas

Gejala-gejala virus corona di atas biasanya tergolong ringan dan bisa muncul secara bertahap.

Gejala virus corona lainnya meliputi nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, atau diare. Meski begitu, gejala ini jarang sekali terjadi.

Cara mencegah virus corona

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia juga sudah mengeluarkan tata cara mencegah virus corona. Sebab, Indonesia juga menjadi salah satu korban, dengan jumlah kasusnya yang telah mencapai ratusan.

Berikut ini adalah cara mencegah virus corona menurut Kemenkes RI:

1.    Meningkatkan perilaku dan pengetahuan masyarakat

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Anung Sugihantono mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemik virus corona ini.

Ia meminta masyarakat terus memantau berita mengenai virus corona, untuk mencari tahu informasi medis terbaru, termasuk pencegahannya.

2.    Menjalani pola hidup sehat dan bersih

Kemenkes RI juga meminta masyarakat Indonesia menjalani pola hidup sehat dan bersih, untuk mencegah virus corona. Pola hidup bersih yang dimaksud adalah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik, menerapkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup hidung atau mulut dengan siku bagian dalam, mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat dengan cukup, dan berobat jika sakit.

3.    Meningkatkan kewaspadaan jika ingin bepergian

Kemenkes RI juga meminta masyarakat untuk lebih waspada lagi saat ingin bepergian ke luar kota ataupun negeri. Apalagi ke tempat-tempat yang sudah positif terdampak oleh virus corona.

Jika mengalami gejala-gejala seperti demam, batuk, atau sulit bernapas saat sedang bepergian, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, Kemenkes RI sudah meminta adanya peningkatan penjagaan pintu masuk negara, dan menambah rumah sakit yang mampu melayani pasien virus corona.

Pengobatan virus corona

Sampai saat ini, belum ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Orang-orang yang telah positif tertular virus corona, harus segera menerima perawatan intensif yang tepat di rumah sakit, untuk menjaga kondisi tubuh, mencegah munculnya komplikasi, dan menghentikan penyebaran virus.

Siapapun bisa terjangkit oleh virus corona. Apalagi, Indonesia sudah menjadi negara yang terdampak oleh virus mengerikan ini. Sayangi diri Anda dengan melakukan upaya pencegahan. Sebisa mungkin, jangan bepergian ke luar rumah ataupun tempat-tempat ramai.

 

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-virus-corona-ini-segala-hal-yang-perlu-diketahui

https://www.sehatq.com/artikel/ketahui-perbedaan-gejala-flu-biasa-dan-infeksi-corona-covid-19

https://www.sehatq.com/artikel/5-cara-mencegah-penyebaran-virus-korona-yang-disarankan-kemenkes-ri