News

Mari Mengenal USG 4D

Trimester kedua merupakan waktu yang ditunggu – tunggu para ibu hamil untuk dapat melihat sang buah hati. Sehingga, saat – saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG 4 Dimensi. Lalu, apa bedanya dengan USG 2 Dimensi? Yuk, ketahui lebih dalam seputar USG 4D

Pemeriksaan Ultrasonografi 4D merupakan upaya yang dilakukan agar dapat melihat kondisi sang buah hati di dalam kandungan dengan tampilan yang lebih detail jika dibandingkan dengan USG 2D. USG 4D memanfaatkan gelombang suara agar dapat membuat gambar dari dalam Rahim.

Dengan memanfatkan USG 4D ini, kita dapat melihat secara langsung apa saja yang sedang dilakukan oleh sang buah hati, termasuk momen – momen langka seperti saat bayi sedang menguap bahkan tersenyum seperti menonton video.

Jika USG 2D digunakan secara rutin untuk melihat kondisi janin serta kemungkinan adanya cacat lahir, USG 4D dapat melihat lebih detail tentang kondisi janin. Sehingga, jika dicurigai terdapat masalah pada tumbuh kembang janin, kondisi tersebut dapat diperiksa oleh dokter secara lebih detail dan spesifik.

Jika disimpulkan, USG 4D memang bukan bagian dari pemeriksaan rutin saat masa kehamilan. Namun dapat dilakukan pada trimester ketiga agar dokter dapat melakukan pemeriksaan terhadap Janin secara lebih detail.

Ditinjau oleh dr. Dian Burhansah, SpOG