News

Bolehkah Menggunakan Kosmetik Saat Hamil?

Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Terutama bagi wanita karir yang tidak bisa meninggalkan alat make up demi menunjang penampilan saat bekerja. Namun apakah kosmetik tidak membahayakan kesehatan janin jika digunakan saat sedang mengandung?

Sebenarnya, wanita yang sedang mengandung dapat tetap menggunakan kosmetik. Namun harus lebih selektif dan tidak boleh menggunakannya secara sembarangan karena terdapat beberapa kandungan dalam kosmetik yang berbahaya bagi perkembangan kesehatan janin. Adapun kandungan bahan kimia berbahaya tersebut seperti : Salicylic Acid (BHA), Merkuri, Rhodamin, Hydroquinone, Retinoid yang biasanya terdapat pada krim pemutih wajah dan obat jerawat.

Jadi, ada baiknya bagi ibu hamil untuk lebih memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam kosmetik sebelum membeli dan menggunakannya agar tidak membahayakan perkembangan kesehatan janin. Anda dapat menggunakan kosmetik dengan label ‘DEA Free’, ‘Tanpa paraben’, ‘BPA free’, dan ‘tanpa phthalate’ selama masa kehamilan.

Ditinjau Oleh dr. Rita Firdyanti, SpOG