News

Tips Cantik Selama Kehamilan

Tampil cantik dan menarik tentunya adalah hal yang diinginkan setiap wanita. Namun, selama masa kehamilan tentunya kita harus lebih berhati – hati dalam memilih kosmetik karena paparan bahan kimia tertentu dapat membayakan perkembangan kesehatan janin. Untuk itu, berikut adalah tips untuk tampil cantik namun tetap aman selama kehamilan.

1.    Konsumsi Cukup Air Putih

Air adalah salah satu elemen yang penting saat sedang hamil. Suhu tubuh akan mudah meningkat saat sedang hamil, hingga intensitas mual dan muntah pun akan meningkat. Dengan banyak minum air putih akan membuat Anda tetap terhidrasi sehingga wajah tampak lebih segar. Selain menyehatkan kulit, minum air putih yang cukup juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Namun, minumlah secara bertahap agar perut tidak kembung.

2.    Perhatikan Asupan Makanan

Saat hamil usahakanlah untuk menghindari makanan siap saji. Selain tak baik untuk perkembangan kesehatan janin, terlalu banyak mengkonsumsi makanan siap saji dapat membuat Anda lebih mudah mengalami sembelit. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi sayur serta buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan vitamin E dan C dapat membuat tubuh dan wajah Anda menjadi lebih bercahaya.

3.    Produk Pencuci Rambut

Shampo adalah salah satu produk yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari – hari. Selama hamil, Anda harus menghindari merk shampo yang mengandung sulfat, natrium klorida dan silikon karena dapat berbahaya bagi perkembangan janin. Pilihlah shampo yang mengandung bahan dasar alami seperti jeruk nipis, shea butter, peppermint, maupun minyak biji bunga matahari yang dapat merevitalisasi rambut.

4.    Produk Pembersih Wajah

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang dapat muncul selama kehamilan akibat adanya perubahan hormon. Sehingga, Anda harus dapat memilih pembersih yang baik untuk kulit wajah tanpa mengganggu perkembangan janin. Hindarilah pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida dan menggantinya dengan pembersih yang memiliki kandungan mentimun, ekstrak teh hijau dan minyak kulit lemon. Gunakanlah pembersih tersebut menggunakan air hangat dua kali sehari.

5.    Mengatur Pola Tidur

Tidur dengan nyenyak dan pola waktu yang cukup dapat membantu kulit Anda memperbaiki kerusakan akibat pengaruh hormon kehamilan. Dengan kualitas tidur yang baik, kulit Anda juga akan tampak lebih segar dan sehat.

Jika Anda masih ragu dalam menggunakan produk tertentu dapat langsung dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar lebih yakin saat menggunakan produk perawatan selama masa kehamilan.


Ditinjau Oleh dr. Rita Firdyanti, SpOG.