News

Mengenal Osteoarthritis Lutut

Osteoarthritis (OA) lutut atau yang lebih dikenal dengan ‘pengapuran lutut’ merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit, kaku dan bengkak pada sendi. Sebenarnya ada 150 jenis arthritis, namun Osteoarthritis adalah salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Tingkat keparahannya mulai dari ringan sampai cukup parah dengan rasa nyeri yang hebat, sehingga menimbulkan gangguan saat berjalan.

Pada penderita osteoarthritis, tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat padat yang kenyal, licin dan elatis. Jaringan ini menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan saat ada pergerakan. Saat tulang rawan mengalami kerusakan, teksturnya akan berubah menjadi kasar dan seiring berjalannya waktu, tulang akan bertabrakan sehingga dapat mempengaruhi sendi.

Biasanya penyakit ini dimulai dengan kerusakan tulang rawan sendi yang menyebabkan sendi menjadi kaku saat digerakkan. Osteoarthritis tidak hanya dapat terjadi pada lutut namun juga dapat terjadi pada tulang belakang, pinggul, tangan dan bahu. Penyakit ini merupakan penyakit sendi yang sering dijumpai dan menjadi penyebab nyeri serta kecacatan pada usia lanjut terbanyak dibandingkan dengan penyakit lainnya. Oleh karena itu, untuk mencegah adanya kecacatan perlu adanya upaya rehabilitasi sedini mungkin.


Ditinjau Oleh dr. Maysita D, SpKFR