Minuman sugar free biasanya dicap sebagai asupan yang lebih sehat dibanding dengan yang mengandung gula. Namun ternyata, menurut British Dental Journal, makanan dan minuman yang memiliki label sugar free mengandung zat asam yang dapat menyebabkan masalah pada gigi, lho!

 

● Gigi keropos

Tahukah Anda bahwa minuman berlabel sugar free masih mengandung gula di dalamnya? Ya, gula akohol alias polyols.

Gula alkohol memang dapat mengurangi risiko gigi berlubang. Akan tetapi, gula tersebut juga dapat menyebabkan keasaman di dalam mulut, sehingga dapat menyebabkan erosi email gigi. Jika keadaan ini berlangsung dalam waktu lama, risiko gigi keropos akan meningkat berlipat ganda.

Golongan usia yang paling rentan mengalami gigi keropos akibat minuman berlabel sugar free adalah anak-anak. Hal ini karena struktur gigi anak, termasuk lapisan email, belum terbentuk dengan sempurna, sehingga asam yang terbentuk akibat gula alkohol pada minuman berlabel sugar free akan sangat mudah menyebabkan erosi alias proses pengikisan gigi.

● Tambalan gigi semakin mudah terlepas

Minuman dengan label sugar free, apalagi yang mengandung soda, dapat mengurangi tingkat kekerasan permukaan email, dentin, termasuk permukaan tambalan gigi. Keadaan ini pada akhirnya membuat tambalan gigi semakin cepat “bocor” atau bahkan lepas.

Jika tambalan gigi terlepas dari tempatnya, risiko terjadinya gigi sensitif akan meningkat berlipat ganda. Bila sudah seperti ini, Anda akan sering mengalami keluhan gigi ngilu, khususnya saat mengonsumsi makanan panas, dingin, atau manis.

● Tulang keropos

Selain memberikan efek negatif bagi gigi, minuman dengan label sugar free juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi tulang. Apalagi bila minuman tersebut memiliki kandungan soda di dalamnya.

Untuk diketahui, minuman sugar free yang mengandung soda memiliki kandungan asam fosfor yang tinggi, sehingga rasanya cenderung asam. Rasa asam ini dapat membuat tulang kehilangan sejumlah kalsium secara perlahan. Jika terjadi dalam waktu lama, bukan tak mungkin Anda akan mengalami tulang keropos.

Bagaimana solusinya?

Untuk mengurangi efek negatif yang bisa timbul akibat minuman sugar free, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

· Konsumsi makanan dan minuman saat waktu makan besar. Tindakan ini dapat membantu mengurangi serangan asam pada gigi Anda.

· Minumlah langsung dengan cepat, agar minuman tidak menggenang di sekitar gigi. Atau, gunakan sedotan untuk memperkecil kontak minuman dengan gigi.

· Setelah konsumsi minuman tersebut, minumlah susu atau makan keju untuk menetralisir keasamannya.

· Kunyah permen karet sugar free, agar air ludah terproduksi. Ini dapat membantu menetralkan keasaman di dalam mulut.

· Tunggu setidaknya 1 jam setelah konsumsi minuman tersebut sebelum menyikat gigi. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu pada email gigi untuk kembali mengeras.

· Sikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride setidaknya satu kali setelah konsumsi minuman tersebut. Pastikan Anda menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut.

Setelah mengetahui fakta medis di atas, diharapkan Anda bisa terjebak begitu saja dengan janji manis yang ditawarkan minuman berlabel sugar free.

Sumber : https://www.klikdokter.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kesehatan gigi dan anggota tubuh lainnya mengalami gangguan, bukan?

RS Juwita Bekasi 2015