Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan tekanan darah

Hipertensi adalah gangguan yang memiliki banyak penyebab. Berbagai faktor yang dapat memengaruhi terhadap terjadinya hipertensi antara lain:

· Usia

Ternyata, semakin bertambahnya usia maka risiko Anda menderita hipertensi juga turut bertambah. Laki-laki berusia di atas 55 tahun dan wanita berusia di atas 65 tahun memiliki risiko menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Perbedaan usia ini dikarenakan wanita memiliki efek pelindung pembuluh darah pada hormon estrogen selama belum mengalami menopause.

· Obesitas

Jika Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mungkin Anda perlu menurunkan berat badan segera. Berat badan yang berlebihan diketahui dapat meningkatkan risiko Anda mengalami hipertensi.

· Stres

Jika Anda tergolong mudah stres psikologis atau tidak dapat mengelola stres dengan baik, waspadalah karena Anda punya risiko lebih tinggi untuk menderita hipertensi. Selain itu, seseorang dengan tingkat stres yang tergolong tinggi juga lebih berisiko terkena penyakit jantung.

· Rokok

Merokok diketahui secara luas tidak membawa manfaat baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan lonjakan pada tekanan darah. Kandungan nikotin dalam rokok dapat memacu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap terjadinya hipertensi.

· Gangguan ginjal

Seseorang yang memiliki gangguan ginjal juga memiliki risiko mengalami hipertensi lebih besar, yang dikenal sebagai hipertensi renal. Gangguan ini disebabkan oleh penyempitan arteri yang menghantarkan darah ke ginjal.

· Riwayat keluarga dengan hipertensi

Jika ada anggota keluarga yang memiliki hipertensi, maka Anda juga memiliki kemungkinan terkena hipertensi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena risiko ini dapat diturunkan dengan melakukan pola hidup sehat seperti pengaturan pola makan dan olahraga secara rutin.

Sumber : https://www.klikdokter.com

 

RS Juwita Bekasi 2015