Laboratorium Kandungan Mata Mata Radiologi Saraf Saraf dr-novita

Kejang Demam merupakan kejadian yang dijumpai pada seorang anak, kadang-kadang membuat orang tua menjadi sangat khawatir.

Apakah kejang demam itu ?

Kejang yang terjadi pada anak ketika mengalami kenaikan suhu badan. Biasanya kenaikan suhu sekitar 38° Celcius atau lebih. Kejang Demam sering dijumpai pada anak dengan usia 6 bulan himgga 5 tahun.

Apakah ciri khas kejang demam ?

Ciri khas kejang demam adalah didahului dengan demam, pada saat kejang anak masih dalam keadaan demam dan setelah kejang anak akan sadar kembali.

Apa penyebab kejang demam ?

Penyebab kejang demam dapat disebabkan infeksi bakteri atau virus misalnya pada penyakit Infeksi saluran napas atas dll. Tidak diketahui secara pasti mengapa demam dapat menyebabkan kejang pada satu anak dan tidak pada anak lainnya. Namun diduga ada faktor genetik yang berperan. Setiap anak juga mempunyai suhu ambang kejang yang berbeda.

Apa yang terjadi saat anak kejang ?

Sebagian kejang demam adalah kejang umum. Bentuk kejang umum yang sering dijumpai adalah mata yang mendelik atau kadang berkedip-kedip, kedua tangan dan kaki terlihat kaku dan kemudian seperti terlihat kelojotan. Anak yang mengalami kejang demam akan tidak sadar saat timbul kejang. Tidak memberikan reaksi atau respon bila dipanggil. Setelah kejang maka anak akan sadar kembali. Pada umumnya kejang akan berhenti sendiri dalam waktu kurang dari 5 menit.

Apa yang harus dilakukan bila anak kejang ?

  1. Baringkan anak pada tempat yang aman dan rata.
  2. Posisikan anak miring agar bila ada muntahan makanan akan keluar sehingga anak terhindar dari tersedak.
  3. Jangan berusaha menahan gerakan anak saat kejang karena akan beresiko menyebabkan patah tulang.
  4. Bila kejang sudah berhenti maka bawalah anak ke Unit Gawat Darurat. Bila anak sudah pernah kejang dan mungkin dokter telah membekali orang tua dengan obat anti kejang maka obat tersebut berikanlah kepada anak melalui dubur.

Apa akibat Kejang ?

Kejang demam dapat mengakibatkan :

  1. Penurunan kesadaran
  2. Pernapasan terhambat
  3. Suhu tubuh meningkat terus
  4. Kematian
RS Juwita Bekasi 2015